Cari Di Blog Ini :

Friday, February 21, 2014

Semut Sang Teladan

KISAH ILUSTRASI :


SEMUT SANG TELADAN


Ketika sedang berjalan-jalan, seekor semut menemukan sepotong kue. Ia pun mencoba mengangkat kue itu sendirian, Tapi tak bisa karena beratnya kue itu. Ia lalu dibantu seorang temannya lagi untuk mengangkat kue itu, tapi tetap saja tidak bisa, karena kue itu terlalu berat untuk mereka berdua. 

Lalu temannya itu memanggil lebih banyak teman lainnya untuk bekerja sama mengangkat kue. Ada yang mau tapi ada yang tidak mau. Seekor semut yang tidak mau bekerja sama beralasan bahwa ia bisa mencari makan sendiri. Bersama teman-taman yang bersedia menolong, mereka berhasil mengangkat kue tersebut.

Sementara itu di tempat lainnya, seekor semut yang menolak bekerjasama tadi, menemukan sepotong kue. Ia mencoba mengangkatnya sendirian, tapi tidak bisa. Bahkan potongan kue itu menindih tubuhnya. Ia lalu berteriak minta tolong. Pada akhirnya ia pun ditolong oleh para semut tadi yang sedang menggotong sepotong kue. 




Pesan dari ceritera ini, yaitu agar kita selalu rajin tolong menolong. Apalagi dikala teman dalam kesusahan atau untuk kepentingan bersama. Dengan bekerja sama atau bergotong royong maka permasalahan apa pun yang kita terima, dapat kita selesaikan bersama sama.
============

No comments: